Aneka Bahan Alami Yang Dapat Mengurangi Minyak Pada Wajah

Memiliki wajah yang cerah dan bersinar tentu menjadi impian bagi semua wanita. Oleh sebab itu, tidak heran jika hampir semua wanita selalu melakukan perawatan wajah setiap harinya. Merawat wajah memang menjadi kewajiban jika ingin memiliki kulit wajah yang bersih, sehat, dan cerah berseri. Meski telah rutin melakukan perawatan, namun masih banyak wanita yang sering mengalami masalah pada kulit wajah. Beberapa masalah yang sering muncul di antaranya adalah jerawat, kulit kusam, kering, berminyak, dll. Dari sekian banyaknya jenis masalah pada kulit, kulit berminyak menjadi salah satu masalah yang paling banyak dialami oleh wanita Indonesia. Memiliki tipe kulit berminyak tentu sangat menyebalkan. Oleh sebab itu, kita harus mengetahui apa saja penyebab kulit menjadi sangat berminyak serta bagaimana cara untuk mengatasinya.

Mengenal Aneka Penyebab Kulit Wajah Berminyak

Kulit wajah yang gampang berminyak dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan kulit wajah menjadi lebih mudah berminyak:

  1. Faktor genetik

Hormon yang bertugas memicu produksi sebum adalah hormon dihydrotestosterone (DHT). Kelebihan hormon DHT inilah yang menjadi salah satu penyebab kulit wajah menjadi berminyak. Biasanya, kulit wajah wanita yang sedang hamil atau dalam masa premenopause akan lebih mudah berminyak karena mengalami kelebihan hormon DHT.

  1. Pemakaian kosmetik berlebih

Menggunakan kosmetik secara berlebihan juga bisa memicu terjadinya minyak berlebih pada kulit wajah. Apalagi jika menggunakan kosmetik yang terbuat dari bahan-bahan yang kurang baik untuk kesehatan kulit. Oleh sebab itu, sebaiknya kita tidak perlu berlebihan dalam menggunakan kosmetik dan pastikan bahwa kosmetik yang dipakai aman untuk kesehatan.

  1. Faktor lingkungan

Terjadinya perubahan cuaca di lingkungan ternyata juga bisa menjadi penyebab berlebihnya produksi minyak di area kulit wajah. Jika cuaca sedang sangat lembap, maka kulit akan lebih mudah berkeringat atau berminyak.

  1. Faktor pola makan

Biasanya, orang yang suka mengonsumsi makanan pedas dan berminyak akan lebih mudah untuk berkeringat. Selain itu, makanan cepat saji serta produk olahan dengan pemanis juga bisa menjadi penyebab kulit menjadi gampang berminyak. Untuk menghindarinya, sebaiknya kita lebih banyak mengonsumsi buah dan sayur agar kesehatan serta kecantikan kuit selalu terjaga.

Daftar Bahan Alami Yang Bermanfaat Untuk Mengurangi Produksi Minyak Pada Wajah

Berikut ini adalah beberapa jenis bahan alami yang dapat mengurangi produksi minyak di area wajah:

  • Gandum

Siapa sangka jika bahan ini ternyata mampu menjaga kecantikan kulit wajah karena manfaatnya yang dapat mengurangi minyak berlebih. Gandum merupakan bahan pangan yang mengandung saponin. Kandungan ini dapat berperan sebagai emolien yang sangat baik untuk melembutkan serta menjadi pasokan air untuk sel-sel kulit. Gandum juga memiliki kandungan vitamin B dan antioksidan yang mampu menjaga kesehatan kulit. Tidak hanya itu, gandum juga mengandung senyawa lengkap lainnya seperti selenium, manganese, phosporus, zinc, dan magnesium yang dapat menyeimbangkan jumlah hormon penyebab masalah jerawat.

  • Seledri

Selain banyak digunakan untuk menambah cita rasa pada makanan, seledri ternyata juga merupakan bahan alami yang dapat dijadikan untuk perawatan kulit alami. Seledri sendiri kaya akan vitamin A, C, dan E yang dikenal sangat baik untuk menutrisi kulit. Kandungan vitamin C dan E di dalamnya dipercaya mampu mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah tanpa menyebabkan kulit menjadi kering. Kandungan A pada seledri juga sekaligus dapat berperan sebagai kolagen yang akan membuat kulit wajah menjadi lebih kenyal.

  • Kacang almond

Kacang almond memang sudah lama dikenal sebagai bahan alami yang sangat baik untuk kecantikan. Kacang almond memiliki kandungan vitamin A dan B serta kaya antioksidan. Bahan ini juga mengandung asam folat yang berfungsi untuk mengangkat minyak berlebih pada wajah. Kacang almond bisa menjaga kecantikan kulit baik dengan cara dikonsumsi secara langsung atau dijadikan untuk masker kulit wajah.

  • Bubuk kayu cendana

Kayu cendana ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk menjaga kecantikan kulit. Bahan ini memiliki sifat sebagai anti mikroba yang tentunya sangat baik untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit wajah, seperti kulit berminyak dan berjerawat.

  • Jojoba oil

Jojoba oil adalah minyak yang didapatkan dengan cara ekstraksi buah jojoba. Minyak jojoba sangat mudah diserap oleh kulit dan tidak menyebabkan penyumbatan pori-pori kulit. Jojoba oil juga dapat menyeimbangkan pH kulit serta dapat mengontrol produksi minyak, sehingga masalah produksi minyak berlebih dapat diatasi.

Nah, itulah 5 jenis bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit wajah. Bahan-bahan alami tersebut sangat mudah didapatkan, sehingga kita bisa melakukan perawatan kecantikan dengan mudah dan murah. Dengan menggunakan bahan-bahan tersebut secara rutin untuk perawatan kulit wajah, maka kulit wajah kita akan terhindar dari produksi minyak berlebih. Selain itu, kita juga akan mendapatkan tambahan manfaat lainnya seperti kulit menjadi semakin halus, kencang, bebas jerawat, dan awet muda.