Kapan Sih Seharusnya MakeUp Kita Buang ?

Beberapa cewek yang menyukai menggunakan make up setiap harinya, dengan asyiknya menggunakan eyeliner, lipstick, mascara, bedak, blush on juga untuk merias wajah memang memiliki keseruan dan keasyikan tersendiri. Akan tetapi apakah Anda tahu bahwa setiap kosmetik tidak memiliki keterangan tanggal kadaluwarsa di kemasannya. Hal ini sangat penting dalam memonitor sebuah kosmetik setelah dibuka. Karena untuk kosmetik yang sudah kadaluwarsa akan dapat menyebabkan iritasi kulit pada wajah Anda dan juga dapat menyebabkan infeksi mata.

Selain itu kita harus dapat menerima fakta jika makeup favorite yang kita miliki menjadi tempat yang digunakan untuk perkembangbiakan bakteri yang tentunya akan merusak kulit wajah kita secara perlahan. Untuk dapat membuang peralatan make up memang berbeda-beda setiap make up nya dilihat dari tanggal kadaluwarsanya. Walaupun terkadang make up yang kita miliki jarang digunakan ataupun awet karna isinya yang banyak dan sayang sekali untuk dibuang. Maka Anda harus tetap membuangnya atau tidak memakainya lagi di wajah Anda.

Ganti Produk Kosmetik Tanda Waktunya Dibuang

Tanpa Anda sadari tiba-tiba jerawat dan masalah-masalah pada wajah Anda datang. Hal ini dikarenakan ketika Anda menggunakan produk kosmetik yang kadaluwarsa. Dalam menjaga kulit wajah dan juga mata tetap akan aman dan bersih. Anda harus selalu rajin mengganti make up dan segala peralatan make upnya. Sebaiknya Anda terlebih dahulu mengecek semua produk kosmetik yang akan Anda gunakan. Hal ini dikarenakan bisa jadi ada beberapa produk-produk kecantikan yang memang sudah kadaluwarsa sehingga perlu Anda ganti dengan kosmetik yang baru.

Berikut Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan.

Tanggal Kadaluwarsa. Untuk setiap produk-produk kosmetik, pada umumnya sudah tertera tanggal produksi dan juga tanggal kadaluwarsa dari produk kosmetik tersebut. Anda dapat berpatokan pada tanggal yang tertera di body make up ataupun bungkus make up tersebut. Akan tetapi untuk lebih aman ada 2 langkah yang dapat dilakukan untuk mengganti dan juga mengecek apakah kosmetik atau make up Anda masih dapat digunakan, yaitu cium bau wangi dari kosmetik yang Anda miliki, seperti mascara, lipstick dan eye shadow yang akan memiliki aroma kuat dan juga berbau bahan kimia yang menyengat jika sudah memasuki tanggal kadaluwarsa. Jika produk kosmetik Anda yang lainnya juga memiliki aroma atau bau yang berbeda maka sebaiknya jangan Anda gunakan lagi.

Kemudian lihat permukaan produknya. Jika warna berubah ataupun memudar yang secara kasat mata dari pertama ketika Anda membelinya mungkin bisa jadi produk tersebut sudah kurang baik untuk digunakan. Apalagi jika ada bercak yang berwarna gelap pada permukaan kosmetik seperti bedak misalnya, itu berarti tanda bahwa minyak yang dari wajah Anda tersebut telah mengontaminasi dari produk kosmetik itu. Hal tersebut dapat menyebabkan jerawat, selain itu Anda harus mencuci brush dan puff bedak kemudian sapukan secara perlahan supaya menghilangkan minyak dari permukaan bedak.

Dan juga dengan formula yang terkandung dari produk kosmetik itu akan berubah seiring dengan jangka pakainya dan juga kemungkinan memiliki bakteri yang tentunya akan menyebabkan infeksi untuk terkena bagian yang terluka. Berikut merupakan masa pakai produk-produk kosmetik dan catatan kapan ketika Anda harus menggantinya dengan yang baru. Tanda-tandanya sebagai berikut :

  1. Lipstik

Untuk masa pakai dari lipstick ini diantara 6 bulan sampai dengan 1 tahun. Jika Anda melihat terdapat goresan dan juga perubahan  yang ada pada tekstur warna lipstick setelah 6 bulan, tidak tahu dikarenakan oleh tekstur cairan formulanya berubah atau pigmen warnanya terpisah maupun warnanya bahkan berubah menggelap dari warna produk awal, ada baiknya Anda mengganti kosmetik tersebut. Perubahan yang terjadi pada produk kosmetik tersebut disebut sebagai demulsification. Jadi Anda tidak boleh menyimpan lipstick lebih dari 2 tahun. Dan kemungkinan lipstick Anda sudah mengandung banyak kuman karena sudah kehilangan zat pengawetnya.

  1. Sunblok

Masa pakai untuk sunblok ini adalah antara 6 bulan sampai dengan 1 tahun. Dengan bertambahnya waktu ke waktu sunscreen atau sunblok yang memiliki kandungan SPF didalamnya dapat berubah dan bahkan menghilang. Ditambah lagi dengan zat aktif yang terdapat di tabir surya tersebut dapat berkurang meskipun dikemas di dalam botol. Hal ini berarti tabir surya yang Anda miliki tidak akan efektif lagi untuk mencegah bahaya sinar matahari.

  1. Brush atau Kuas Make Up

Masa pakai untuk kuas makeup ini diantara 3 sampai 4 bulan. Walaupun kuas make up ini sering dicuci secara teratur, tidak berarti Anda dapat menggunakan kuas make up ini selama-lamanya. Kuas make up yang sudah Anda gunakan ini untuk berbagai macam bedak ataupun peralatan make up lainnya harus dapat diganti setiap 3 sampai dengan 4 bulan sekali supaya kuman atau bakteri tidak dapat menetap di dalam kuas.

  1. Sisir

Masa pakai untuk sisir ini adalah 6 sampai 1 tahun. Sama seperti dengan kuas make up, untuk dapat mencegah rambut menjadi banyak kotoran, Anda wajib mengganti sisir sekitar 6 sampai satu tahun sekali. Selain Anda bisa mengganti sisir tersebut apabila ditemukan bahwa adanya retak di dasar sisir ataupun ada bulu dari sikat yang mulai keluar dari sisir.

Perawatan dan kecantikan wajah dari kulit dan juga mata memang menjadi perhatian jadi sangat penting kosmetik atau make up untuk menunjang kecantikan, sehingga jangan sampai kadaluwarsa ketika kita memakainya.