Tips Merawat Kain Batik Kesayangan Agar Awet

Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang memiliki nilai sangat tinggi. Dahulu, batik dikenakan oleh para pejabat dan petinggi kerajaan saja. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, kini batik bisa lebih merakyat. Pabrik batik terbaik juga memberikan produk-produk berkualitas yang menarik bagi konsumen batik. Banyak produk batik yang hadir dengan kualitas tinggi dan harga yang bersaing. Bahkan, kini batik sudah menjadi komoditi ekspor Indonesia. Batik premium dengan kualitas yang sangat baik juga banyak ditemukan di Indonesia. Sebagai pecinta batik, Anda mungkin mengoleksi dan sering menggunakan batik kesayangan. Namun, bagaimana sih merawatnya?

Perawatan Prima untuk Kain Batik Kesayangan

Anda pasti tidak ingin kain batik kesayangan Anda lapuk atau luntur motifnya. Nah, jika Anda memang menginginkan batik yang tetap cantik walaupun sudah dimiliki selama bertahun-tahu, ada beberapa resep perawatan batik yang bisa Anda coba,

  1. Cucilah batik dengan menggunakan sabun khusus. Walaupun Anda kerap menggunakan deterjen biasa untuk mencuci batik, pastikan Anda juga harus mempersiapkan sabun khusus untuk kain batik. Penggunaan sabun khusus tidak akan merusak serat batik. Oleh karenanya, kain batik pun bisa tetap awet dan halus saat digunakan. Sabun khusus juga menjaga agar warna batik tetap terjaga dan tidak pudar. Ada banyak sekali sabun untuk mencuci batik di toko batik. Pabrik batik terbaik juga kerap mengeluarkan produk sabun cuci khusus batik, lho.
  2. Cucilah batik dengan tangan. Batik biasanya dibuat dengan menggunakan kain yang halus dan lembut, sehingga mencuci dengan tangan adalah pilihan terbaik. Hindari mencuci batik menggunakan mesin cuci karena akan membuat serat kain tertarik-tarik saat dicuci dengan mesin. Hal inilah yang biasanya membuat kain batik terasa kasar. Jadi, perlakukan pakaian berbahan batik yang Anda miliki dengan baik dan benar, ya. Pastikan proses mencucinya benar sehingga serat kain tetap terjaga.
  3. Jemur di tempat yang teduh tanpa matahari langsung. Saat menjemur batik, pastikan Anda juga tidak memerasnya secara berlebihan karena akan merusak serat kain. Pastikan Anda menjemur batik di tempat yang teduh tanpa terkena sinar matahari langsung. Hal ini akan membuat warna kain Anda tidak mudah pudar. Jadi, Anda bisa menjemurnya di bawah bayang-bayang pohon atau atap rumah.

Bolehkah Menggunakan Wewangian untuk Kain Batik?

Anda pasti ingin batik Anda wangi saat dikenakan. Oleh karenanya, Anda pasti mencari beberapa produk yang mengandung wewangian dan membuat batik Anda terasa lebih nyaman digunakan. Untuk wewangian yang digunakan saat mencuci, Anda bisa menambahkannya pada bilasan terakhir. Namun, pastikan wewangian ini merupakan wewangian yang memang didesain khusus untuk batik. Hal ini penting untuk menjaga kualitas batik agar tetap nyaman untuk digunakan. Lalu, bagaimana dengan penggunaan parfum semprot?

Parfum yang Anda kenakan sehari-hari bisa cukup mengganggu perawatan batik, lho. Pasalnya, kain batik memiliki pigmen warna yang bisa rusak jika Anda tidak merawatnya dengan benar. Parfum yang Anda kenakan sehari-hari bisa jadi mengandung zat kimia yang bisa membuat warna batik menjadi pudar. Hal ini sangat mengganggu Anda yang memiliki batik untuk dikoleksi. Nah, untuk menjadi produk pabrik batik terbaik tetap indah, semprotkan parfum hanya pada tubuh Anda, sehingga kain batik tetap aman dari parfum yang bisa merusak serat kain. Jadi, Anda kini sudah paham tentang perawatan batik. Selamat mencoba, ya!